RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA N 1 PARIAMAN
MATA PELAJARAN : T I K
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
A. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
B. KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
C. MATERI PEMBELAJARAN
o Menu dan ikon aplikasi pengolah kata
D. INDIKATOR
o Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
o Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
o Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
o Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat dan mampu :
Þ Menjelaskan Menu dan ikon aplikasi pengolah kata
F. METODE PEMBELAJARAN
Þ Penjelasan materi (teori Ceramah)
Þ Tutorial menggunakan LCD Proyektor
Þ Praktikum Lab Komputer
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
o Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
o Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
o Menunjukkan menu dan ikon
o Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
H. ALOKASI WAKTU
450 menit 10 jam pelajaran
I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
Buku panduan, internet, buku digital, Software
J. PENILAIAN
Penugasan individu, Praktik
Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala SMA N 1 Pariaman Guru Mata Pelajaran
................................... ………………………………………………..
NIP.- NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA N 1 PARIAMAN
MATA PELAJARAN : T I K
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
A. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
B. KOMPETENSI DASAR
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata
C. MATERI PEMBELAJARAN
o Fungsi menu dan ikon pengolah kata
D. INDIKATOR
o Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
o Memodifikasi jenis dan pengaturan pada teks
o Memodifikasi pengaturan halaman
o Mendemonstrasikan pembuatan mail merge
o Mendemontrasikan cara mengolah dan mencetak dokumen
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat dan mampu :
Þ Menjelaskan Fungsi menu dan ikon pengolah kata
F. METODE PEMBELAJARAN
Þ Penjelasan materi (teori Ceramah)
Þ Tutorial menggunakan LCD Proyektor
Þ Praktikum Lab Komputer
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
o Membuat dokumen baru
o Mengatur format teks dan spasi dalam paragraph
o Menggunakan bulleting dan numbering
o Menggunakan border dan shading
o Menggunakan berbagai jenis huruf
o Mengatur ukuran halaman
o Mengatur batas kanan, kiri, atas, dan bawah halaman
o Mengatur border halaman
o Memasukkan data ke dalam database mail merge
o Mengedit data dalam database mail merge
o Memasukkan data mail merge ke dalam dokumen
o Mencetak dokumen yang telah disisipkan data
H. ALOKASI WAKTU
315 menit 7 jam pelajaran
I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
Buku panduan, internet, buku digital, Software
J. PENILAIAN
Penugasan individu, Praktik
Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala SMA N 1 Pariaman Guru Mata Pelajaran
................................... ………………………………………………..
NIP.- NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMA N 1 PARIAMAN
MATA PELAJARAN : T I K
KELAS : X
SEMESTER : 2
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
A. STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
B. KOMPETENSI DASAR
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
C. MATERI PEMBELAJARAN
o Membuat dokumen aplikasi pengolah kata
D. INDIKATOR
o Membuat dan menghapus baris, kolom atau tabel
o Menambah, menggabung serta mengatur lebar baris dan kolom
o Membuat grafik
o Mengoperasikan ikon drawing
o Membuat karya dengan menggunakan program pengolah kata
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat dan mampu :
Þ Membuat dokumen aplikasi pengolah kata
F. METODE PEMBELAJARAN
Þ Penjelasan materi (teori Ceramah)
Þ Tutorial menggunakan LCD Proyektor
Þ Praktikum Lab Komputer
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
o Membuat dokumen berisi tabel
o Menghapus baris atau kolom pada tabel yang berisi data tentang sayur-sayuran dan kacang-kacangan
o Menambah atau menggabungkan baris atau kolom
o Mengatur lebar baris dan kolom
o Membuat grafik kenaikan harga beberapa jenis sayuran di solo
o Membuat bentuk (shape) tertentu
o Menggabungkan beberapa bentuk (shape) menjadi sebuah gambar
o Menyisipkan shapes dan meletakan dengan benar sesuai contoh.
o Membuat macam-macam model dokumen
H. ALOKASI WAKTU
180 menit 4 jam pelajaran
I. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
Buku panduan, internet, buku digital, Software
J. PENILAIAN
Penugasan individu, Praktik
Mengetahui, Sukoharjo, 01 Juni 2007
Kepala SMA N 1 Pariaman Guru Mata Pelajaran
................................... ………………………………………………..
NIP.- NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar