Kamis, 09 Februari 2012

Praktikum


Pratikum
 Pratikum merupakan strategi pembelajaran untuk membelajrkan bersama-sama kemampuan psikomotorik ( keterampilan ), kognitif (pengetahuan ), dan afektif ( sikap ), menggunakan sarana laboratorium.

RANAH KOGNITIF
Dapat dilatihkan melalui :
a.       Memperdalam teori yang berhubungan dengan tugas pratikum yang akn dilakukan
b.      Menggabungkan berbagai teori yang terlah diperoleh.
c.       Menerapkan teori yang pernah deperoleh pada problema yang nyata.

RANAH PSIKOMOTOR

Dpat dilatihkan melalui :
a.       Memilih, mempersiapkan dan menggunakan seperangkat alat atau instrument secara tepat dan benar.

RANAH AFEKTIF
Dapat dilatihkan melaui :
a.       Merencanakan kegiatan mandiri
b.      Bekrjasama dalam kelompok kerja
c.       Disiplin dalam waktu dan prilaku
d.      Bersikap jujur dan terbuka
e.      Menghargai ilmunya

TUGAS GURU MENGELOLA PRATIKUM
a.       Mendisain
b.      Melaksanakan / mengelola
c.       Mengevaluasi
Agar sumber daya dapat berdayaguna secara efektif danefisien, pengelolaan pratikum harus serius dan professional.


GURU EFEKTIF
a.       Berusaha membangkitkan partisipasi aktif siswa
b.      Mencegah siswa jadi penonto
c.       Sikap positif dalam mengelola pratikum
d.      Berusaha membangkitkan kemampuan siswa:



                                                                                                                                                                                             
e.      Mampu mengintegrasikan meteri teori ke dalam pratikum
f.        Menyediakan modul/jobsheet
g.       Mengawasi siswa secara intensif sehingga dapat mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.

KEGUNAAN PRATIKUM
a.       Melatih keterampilan siswa
b.      Member kesempatan pada siswa untuk menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan secara nyata
c.       Membuktikan atau menemukan suatu konsep secar ilmiah
d.      Menghargai ilmu dan keterampilan yang dimiliki.